10 perkara ygperlu diperhatikan

Perkara-perkara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Yang singkat itu waktu

Waktu tak kan kembali lagi, waktu akan selalu berlangsung. Waktu terasa sangat singkat. Maka sangat merugi orang yang menyia-nyiakan waktu. Maka waktu yang ada ini selayaknya digunakan untuk hal-hal yang baik. Kalau melihat ke surat Al Ashr disana dinyatakan bahwa amat rugilah manusia yang tidak memanfaatkan waktunya untuk berbakti. “ Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benr berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran (QS Al Ashr : 1-3)

2. Yang dekat itu teman

Yang namanya teman, memiliki arti yang sangat luar biasa. Teman yang baik akan sangat mempengaruhi kita untuk menjadi baik. Teman yang jahat juga akan sangat mempengaruhi kita menjadi jahat. Seperti halnya orang yang dekat dengan tukang minyak wangi maka akan terkena wanginya tetapi kalau orang dekat dengan tukang pande besi maka akan terciprat apinya. Oleh karena itu pilihlah teman teman yang baik-baik supaya bisa menjadi baik.

3. Yang besar itu Nafsu

Yang namanya nafsu itu kecederungannnya memerintahkan ke perbuatan jahat. Maka nafsu itu perlu dimenejemeni. Bila nafsu itu dimenejemeni dengan baik maka akan menghasilkan hal yang positif dan akan membuakan perihal yang namanya pahala tetapi bila nafsu itu di umbar atau dibiarkan saja dan diturutinya maka akan menghasilkan hal yang negative dan dampaknya akan menyengsarakan sekaligus azab/dosa yang didapatkannnya.

4. Yang berat itu amanah

Amanah artinya dapat dipercaya. Kita hidup di dunia ini mendapatkan amanah yaitu sebagai wakil Allah di muka bumi (kholifah fil ardl). Amanah ini tidaklah ringan. Oleh karena itu harus kita jaga. Allah Berfirman bahwa daratan dan lautan yang ada ini rusak disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri.

Selaku manusia yang beriman harus amanah. Kalau semua unsur yang ada di negara ini berbuat amanah insya Allah akan makmur semua tetapi kalau amanah itu diabaikan maka tunggulah kerusakan yang dahsyat.

5. Yang sangat sulit itu “ikhlas”

Ikhlas sama artinya dengan legowo. Perbuatan yang dilakukan dengan ikhlas maka akan mendatangkan diterimanya amal perbuatan kita (tentunya ya perbutan yang baik). Tanpa ikhlas amal kita sia-sia. Tidak masuk dalam hitungan. Dalam hal pekerjaan, bila kita ikhlas maka insya Allah akan mendapatkan dua pahala, pertama pahala dari tempat kita kerja, kedua pahala dari Allah Subhanahu Wata’ala. Tetapi bila tidak ikhlas, kerja terasa beban dan pahalanya hanya satu yaitu gaji dari tempat kita kerja. Ayo pilih yang mana?

6. Yang mudah itu berbuat dosa

Berbuat dosa adalah perbuatan yang tidak disukai oleh Allah SWT. Perbuatan dosa bisa datang dari anggota badan kita seperti mulut kita, mata kita, telinga kita, tangan kita, kaki kita, dzakar kita dls.

Ngomongin orang/menggunjing sudah merusak pahala kita bila kita punya pahala. Apalagi di bulan puasa seperti ini, pahalanya hilang/hangus sehingga yang didapatkan hanya lapar dan dahaga saja. Maka anggota tubuh kita perlu kita jaga dengan baik supaya minim dalam mendapatkan dosa.

Semakin orang tidak bisa menjaga anggota tubuhnya maka semakin banyak dosa yang ia dapatkan. Misalnya dzakar kita itu hanya buat istri yang sah kita, tetapi karena tidak bisa menjaganya maka dzakarnya digunakan dengan semena mena buat orang lain (mbajing/selingkuh) na ini dosa besar. Misalnya lagi orang yang memiliki jabatan karena pengen cepet kaya maka berbuat yang namanya korupsi, ini juga dosa dan lain sebagainya

7. Yang abadi itu amal kebajikan

Dunia ini adalah sawah ladang buat akherat kelak. Tanaman kita di dunia ini akan kita petik kelak di akherat. Apabila tanaman kita di dunia ini baik insya Allah hasilnya baik pula. Tetapi kalau tanaman kita di dunia ini buruk maka hasilnya nanti di akherat akan buruk juga.

Kita hidup di dunia ini tidak terlepas dari tim pencatat amal yaitu malaikat Rokib dan Atit. Maka dari itu, mumpung isih padang rembulane,isih jembar kalangane, isih ombo segarane, ya mari kita tingkatkan amal kebajikan kita sebagai invest buat akherat kelak. Karena kehidupan yang abadi adalah di akherat kelak. Yang enak kan hasanah di dunia dan hasanah di akherat. Ia kan

8. Yang akan di investigasi itu amal perbuatan

Amal perbuatan kita itu kelak akan dipertanggungjawabkan. Pertanggungjawabannya, sangat valid dan tidak bisa dipungkiri lagi. Masing masing anggota badan kita akan mempertanggungjawabkannya.

Amal perbuatan kita kelak akan ditimbang. Apabila berat amal perbuatan baiknya maka akan bisa melewati jembatan sirotol mustaqim dan bisa masuk ke jannah tetapi bila amal buruknya yang berat maka akan mendapat balasan berupa masuk ke nar yang bahan bakarnya juga manusia.hee serem. Oleh karena itu mari kita selalu berbuat kebajikan. Taat perintah Allah dan jauhi segala larangan-Nya.

9. Yang akan di audit itu apa yang kita miliki

Kita hidup di dunia yang fana ini tidak terlepas dari kebutuhan sandang, pangan dan papan serta kebutuhan yang lainnya. Semua yang kita miliki akan diaudit. Baik tentang umurnya untuk apa di habiskan, tentang hartanya dari mana didapatkan dan untuk apa? Serta tentang badannya untuk apa di kerahkan. Kita yang jelas tidak bisa mungkir dan tidak bisa mengelak.

10. Yang terindah itu jika kita mau dan bisa saling memaafkan

Meminta maaf yang kita sering dengar yaitu pada moment akan puasa atau pada lebaran idul fitri. Padahal apabila kita berbuat salah itu ya langsung meminta maaf ke yang bersangkutan tidak perlu menunggu puasa atau lebaran. Begitu berbuat salah ya langsung meminta maaf. Bagusnya kan begitu.

Satru ati emang gak enak apalagi ama tetangga wah berat bisa dibayangkan sendiri lah tidak enaknya. Enaknya kepada siapa saja itu ya baik-baik saja. Memang dalam pergaulan kita kadang bila bercanda kelewatan sehingga kadang terjadi ketersinggungan yang pada akhirnya jadi masalah.

Oleh karena itu berkatalah yang baik atau diam. Dalam berbicara kita memang harus hati-hati karena salah dalam bicara tidak hanya repot di dunia tetapi juga akan repot di akherat. Sekian terimaksih.

Selamat melaksanakan ibadah Ramadhan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s